Jumlah = pcs
Keranjang

Ariesta Birawa band fenomenal era 60an

Monday, March 7th 2016.

 

Ariesta BirawaBand Fenomenal
Nama meraka muncul di era pertengahan thn 60 an dan di saat itu pula pengaruh musik pop ala the beatles, Herman Hermith. serta psychedelic separti Pink Floyd, Procol Harum, Nektar dll. Telah menyeruak sampai ke negeri tercinta ini maka gak heran bila Ariesta Birawa band asal surabaya ini pun bernuansa pop rock dan psychedelic. Group musik ini muncul dari gagasan anak-anak muda yang ingin menyatukan ideology mereka dalam alunan musik.

Band yang lahir di tahun 1964  di kota surabaya yang beranggotakan

  • Oedin Syach
  • Jefri Zainal
  • Sonata Tanjung
  • Noerche
  • Mus Mulyadi,

band ini berhasil merilis album pertama yang berTitle “Jaka Tarub” (DJOKO TARUB) pada sebuah label rekaman Dimita Moulding Record (MESRA). Ariesta Birawa Band bisa di bilang sangat fenomenal, karna pada saat  peluncuran album kedua bertitle “SI OMPONG” yang dirilis oleh “SERIMPI RECORD” Mereka adalah satu-satunya band yang direkam dan di edarkan oleh perusahan rekaman yang blum pernah merekam sebuah group band sebelumnya. Karna kita tahu “Serimpi” selama ini hanya label record yang merekam sanggar cerita lawak, gending jawa dan wayang orang serta ketoprak. Dan satu lagi yg membuat mereka semakin fenomenal adalah saat perusahan rekaman dari jerman yaitu Shaddock Records kembali merilis album kedua mereka yg bertittle “Si Ompong”. Tentulah membuat smua orang terkejut dan kembali teringat akan Ariesta Birawa nama yang hampir dilupakan di negeri tercinta ini.

Problematika Internal
Ariesta Birawa bersama band lain di era 60an dan 70an, dari negeri tercinta inilah kemudian mejadi sebuah tolak ukur bahwa musik anak negeri bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dari era 60an sampai skarang. Namun, untuk meraih semua impian itu tidak segampang yang kita bayangkan. Karna dalam proses mempersiapkan album kedua, mereka di hadapkan pada problematika internal yaitu keluarnya personil mereka satu persatu.

Mus mulaydi keluar dari group lalu dia bersama Arkan (gitaris muda) yang di sebut sebagai “Jimmy Page” nya surabaya, membetuk “Exotic Band”. Mus mulaydi berpindah dan membentuk group baru “Favorite band“. Tak lama berselang, Sonata Tanjung kemudian bersama Ucok membentuk “AKA Band“. Dan terahir bergabung dengan “SAS band“.Praktislah bawah Aariesta Birawa hanya tersisa tiga orang yaitu Jerfry Zaenal (drummer). Oedin Syach (gitar/vocal) dan Noerche (bass/vocal). Meski mengalami kesulitan di tahap awal saat menyelasaikan album kedua mereka, tidak meredupkan tekad yang kuat dan kerja keras serta jiwa spartan mereka. Patutlah di ajungi jempol saat mereka meyelasaikan album kedua. Banyak orang yang beranggapan miring tetang album kedua karna tanpa hadirnya Sonata Tanjung dan Mus Mulayadi. Tapi anggapan miring itu terbantahkan karna justru kolaberasi tiga orang anggota band yang tersisa malah menghadirkan corak warna musik dengan konsep yang begitu berbedah, bisa di bilang berubah 180 derajat. Album pertama. “Jaka Tarub” lebih bernuansa Pop serta Folk. Sedangkan di album kedua ini lebih bernuansa pop rock serta psychedelic.

Ariesta Birawa si ompong piringan hitam

Musik mereka lebih matang dalam konsep sound juga aransemet musiknya. Sayangnya setelah sukses mngeluarkan album kedua, mereka seakan-akan hilang dari peredaran musik tanah air dan gak pernah lagi terdengar nama mereka dalam kurun waktu yang cukup lama.
Sampai pada berita paling mengejutkan bahwa Ariesta Birawa group band dari Indonesia serta group band lain seperti Shark Move band, Benny Soebardja dan Guruh Gipsy di rilis ulang oleh label record jerman (Shaddock Records). Inilah satu bentuk apreseasi yang luar biasa yang di berikan oleh orang  luar negeri terhadap musik anak negeri yang semestinya kita yang memberikan hal itu. Dari sinilah kita harus berani berjuang melawan lupa dan saatnya kita bangga terhadap karya anak negeri. Dan satu lagi point penting yang kita dapat dari peristiwa itu bahwa banyak para kolektor musik mulai kasak-kusuk (kaskus) mencari album mereka yang telah lama terlupakan di negeri tercinta ini.

…: BRAVO MUSIK ROCK :…

artikel: jhonkemponk@gmail.com

 

DISCOGRAPHY
 
JAKA TARUB – (DIMITA MOULDING RECORD) 1967

Produk terbaru

Rp 550.000
Rp 500.000
Rp 600.000
Rp 450.000
Rp 550.000
Rp 450.000

LIKE US ON